Pembangunan proyek bandara di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, ditargetkan selesai dan mulai beroperasi akhir 2012. Pembangunan bandara perintis di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, itu sempat terhenti karena terkendala pembebasan lahan seluas 3,2 hektar untuk landasan pacu.

Bandara Bawean Beroperasi 2012

Akan tetapi, masalah itu telah diselesaikan Juli lalu dan pembangunan dilanjutkan. Menurut Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, dengan selesainya lapter Bawean nanti, Pulau Bawean yang berjarak 81 mil laut dari Gresik bisa dijangkau moda transportasi udara dengan penerbangan perintis.

Selama ini Bawean hanya bisa dijangkau dengan Kapal Motor Penumpang, sehingga pelayaran sering terhenti saat ombak besar dan cuaca buruk. “Akibatnya, warga Bawean sering tertahan di Gresik, dan pasokan barang ke Bawean tersendat berhari-hari,” katanya.

Selain meningkatkan ekonomi, diharapkan potensi wisata Bawean juga terangkat. “Di sana ada Danau Kastoba, pasir putihnya yang benar-benar putih dan lobster yang besar dan belum tercemar,” tuturnya.

Sebenarnya, proyek bandara Bawean sudah lama direncanakan. Pada 2006 dimulai pembebasan lahan, tetapi prosesnya lamban karena negosiasi nilai ganti rugi alot. Sejumlah pejabat bahkan harus diproses hukum terkait kasus korupsi ganti rugi tanaman saat pembebasan lahan.

Target lapter selesai 2007 meleset, begitu pula tahun 2009. Akhirnya pembangunan lapter Bawean di jadwal ulang dan ditargetkan tuntas dan mulai beroperasi 2012.

Masyarakat Bawean yang sebagian besar petani tambak berharap proyek bandara Bawean benar-benar selesai sesuai target. Sebab banyak warga Bawean di Malaysia, Singapura, dan Australia, sering tertahan cuaca buruk dan terlambat saat hendak kembali ke tempat kerja.

Jika menggunakan kapal cepat Gresik Bawean bisa ditempuh dalam waktu tiga jam. Sayangnya kapal sering tidak beroperasi bila gelombang mencapai 3 meter karena membahayakan penumpang. Pada saat cuaca buruk warga bisa tertahan sepekan. Kalau bandara selesai dan beroperasi, dengan pesawat perintis perjalanan lebih cepat. Apalagi dengan harga tiket terjangkau.

tags: , , , , , , ,
Bandara Sultan Syarif Kasim Diselimuti Kabut

Bandara Sultan Syarif Kasim Diselimuti Kabut

Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau dikabarkan masih beroperasi normal meski kabut awan atau "fog" yang mencapai 98 persen sempat
Bandara Adalah Etalase Budaya Bangsa

Bandara Adalah Etalase Budaya Bangsa

Bandara adalah etalase budaya bangsa. Baik buruknya pandangan dunia internasional terhadap harkat martabat suatu bangsa berbanding lurus dengan pelayanan di bandara. Para turis
Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara

Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara

Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara Tahun 1434H/2013M. Penetapan ini sebagaimana tertuang
Jadwal Kedatangan – Kepulangan Jamaah Haji Jakarta

Jadwal Kedatangan – Kepulangan Jamaah Haji Jakarta

Jadwal Kepulangan Jamaah Haji untuk embarkasi Jakarta dimulai tanggal 11 Nopember. Kedatangan Jamaah Haji Kloter pertama menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomer penerbangan