Bagi sesorang yang belum pernah dan akan memulai penerbangannya yang pertama kali pasti mengalami kebingungan dan tanda tanya besar bagaimana cara atau langkah-langkah mulai dari beli tiket hingga naik pesawat tanpa salah langkah. Apalagi belum mengerti istilah di dalam dunia penerbangan. Terkadang hal tersebut akan menjadikan seseorang kurang percaya diri dalam memasuki suatu bandar udara.

Untuk itu bagi yang akan bepergian dengan memakai pesawat udara sangat diperlukan Panduan Naik Pesawat di Bandara. Berikut ini akan kami berikan beberapa Panduan Naik Pesawat di Bandara khususnya bagi Penumpang pesawat untuk keberangkatan domestik.

TIKET PESAWAT

Tiket Pesawat - Panduan Naik Pesawat

Pertama kali yang harus diperhatikan adalah kamu mau naik pesawat pada tanggal berapa, hari apa dan jam berapa serta ke daerah mana. Jangan sampai kamu beli tiket yang tidak sesuai dengan jadwal kegiatan kamu. Jam keberangkatan setiap armada pesawat berbeda-beda dengan harga yang berubah setiap menitnya. Semakin mendekati hari H keberangkatan, harga tiket semakin mahal. Kalau bisa memilih hari, naik pesawat jangan hari Sabtu atau Minggu, karena pada hari tersebut harga tiket akan mahal.

DROP ZONE

Drop Zone Bandara - Panduan Naik Pesawat

Pada saat penumpang sampai di suatu bandara maka akan turun dari kendaraan menuju area bandara. Tempat atau area yang dipergunakan bagi kendaraan untuk menurunkan penumpang yang akan berangkat disebut DROP ZONE. Area Drop Zone tersedia fasilitas valet parking bagi anda yang memerlukan pelayanan ini.

SECURITY CHECK POINT

Xray Bandara - Panduan Naik Pesawat

Ketika kita mulai masuk terminal suatu bandara maka yang akan dihadapi pertama kali adalah Security Check Point, yaitu tempat pemerikasaan penumpang pesawat beserta bawa bawaan baik bagasi maupun kabin. Pemeriksaan barang bawaan akan melalui peralatan xray sedangkan untuk orangnya akan melewati Walk Through Metal Detector.
Berikut ini hal-hal panduan di area Security Check Point

  1. Siapkan dokumen anda sebagai berikut:
    – Tiket sesuai tanggal keberangkatan
    – Kartu Identitas
  2. Barang-barang bawaan wajib diperiksa melalui x-ray.
  3. Untuk memperlancar pemeriksaan, seluruh benda logam seperti Handphone, Kunci, dsb agar dilaporkan dan diperiksa melalui x-ray.
  4. Seluruh penumpang wajib melalui Walk Through Metal Detector (WTMD).
  5. Apabila diperlukan, penumpang dan barang bawaan dapat diperiksa secara manual.
  6. Laporkan kepada petugas security apabila anda:
    – Menggunakan alat pacu jantung
    – Membawa senjata api
  7. Tidak diperkenankan membawa serta barang-barang berbahaya, seperti pisau, cutter, korek api, korek gas, dsb.

CHECK IN COUNTER

Checkin Counter Bandara - Panduan Naik Pesawat

Setelah melewati Area Security Check Point, maka kita akan menuju Area Check in Counter. Check IN Counter yaitu tempat untuk melapor di masing masing Airline tentang keberangkatan kita. Dalam proses di Check in Counter kita akan menerima Boarding Pass dan sekaligus untuk menyerahkan barang bawaan yang dibagasikan.
Berikut ini pandungan di Area Chec In Counter

  1. Siapkan dokumen anda sebagai berikut:
    – Tiket sesuai tanggal keberangkatan
    – Kartu Identitas
  2. Antrilah pada check-in counter yang sesuai dengan nomor penerbangan anda.
  3. Untuk keselamatan penerbangan laporkan bagasi anda yang beratnya lebih dari 5kg, dan hanya diperkenankan membawa 1 bagasi yang beratnya kurang dari 5kg kedalam kabin pesawat.

PEMBAYARAN PJP2U

PJP2U - Airport Tax - Panduan Naik Pesawat

Setelah proses checkin selesai maka kita akan menuju ruang tunggu keberangkatan. Dalam perjalanan menuju ruang tunggu keberangkatan kita akan disuruh membayar Airport Tax atau PJP2U. PJP2U adalah Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara. Tarif PJP2U tiap bandara berbeda. Untuk bandara besar biasanya dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000 untuk penumpang domestic dan Rp. 150.000 untuk penumpang internasional. Perlu diketahui bahwa tarif PJP2U tidak termasuk dalam harga pembelian tiket.

SECURITY CHECK POINT 2
Ketika kita akan memasuki ruang tunggu keberangkatan maka akan dihadapkan lagi dengan Area Security Check Point yang kedua. Dalam Area Security Check Point yang kedua penumpang akan sekali lagi dicheck beserta barang yang akan dibawa di kabin pesawat. Barang bawaan akan dicheck melalui xray, dan orangnya akan melalui Walk Through Metal Detector.
Berikut panduan dalan Area Security Check Point kedua :

  • Siapkan Tiket dan Boarding Pass anda, serta kupon PJP2U.Prosedur ini sama dengan prosedur pada SCP1
  • Penumpang yang dibebaskan dari PJP2U seperti: penumpang transit, bayi, air crew, tamu negara.

RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN

Ruang Tunggu Keberangkatan Bandara - Panduan Naik Pesawat

Setelah melewati Area Security Check Point kedua maka kita menuju ruang tunggu keberangkatan. Setiap Maskapai Penerbangan mempunyai jalur atau pintu gate keberangkatan sendiri. Untuk itu kita menuju ruang tunggu keberangkatan sesuai dengan nomer gate. Setelah waktu naik pesawat tiba maka kita akan dipersilakan naik pesawat dengan menunjukkan kartu Boarding Pass.

Demikian sekilas Panduan Naik Pesawat, semoga bisa memberikan manfaat kita semua.

panduan naik pesawat,langkah-langkah naik pesawat,langkah langkah naik pesawat,tahapan naik pesawat,langkah naik pesawat,langkah-langkah naik pesawat terbang,panduan naik pesawat terbang,petunjuk naik pesawat,Airport Tax,tahap naik pesawat tags: , , , , , , , ,
Boston Airport Opens Counterterrorism Office

Boston Airport Opens Counterterrorism Office

Eight agencies, including the Department of Homeland Security, U.S. Customs and Border Protection, and the Transportation Security Administration, will work at the FBI’s
Runway Lights Padam Bandara Adisucipto Ditutup Hingga Pukul 06.00 WIB

Runway Lights Padam Bandara Adisucipto Ditutup Hingga Pukul 06.00 WIB

Lampu landasan atau runway lights Bandara Adisucipto, Yogyakarta padam sejak pukul 19.00 WIB. Akibatnya penerbangan dari dan ke Yogyakarta dibatalkan. Sayangnya belum ada
Polisi Menangkap Pencuri Avtur di Bandara Soekarno Hatta

Polisi Menangkap Pencuri Avtur di Bandara Soekarno Hatta

Kepolisian Resor Metro Khusus Bandara Soekarno-Hatta menangkap 10 tersangka yang diduga mencuri avtur dari pesawat yang sedang parkir di bandara. Sebanyak 2.000 liter
Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2013

Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2013

Tahun 2013 sudah kita lalui, tapi ada beberapa moment penting di tahun 2013 yang hasilnya dapat sebagai acuan di tahun 2014. Salah satunya
eXTReMe Tracker