Fasilitas Keamanan Bandara atau Airport Security adalah fasilitas yang digunakan untuk pengamanan baik yang berfungsi sebagai alat bantu personil pengamanan bandara dalam melaksanakan pemeriksaan calon penumpang pesawat udara termasuk barang bawaannya (cabin, bagasi dan cargo) dengan cepat tanpa membuka kemasannya.

Pemeriksaan secara phisik dengan membuka kemasan hanya akan dilakukan terhadap barang bawaan yang diindikasi berisi benda yang membahayakan dalam penerbangan maupun peningkatkan keamanan kawasan bandar udara. Peralatan yang membantu dalam Keamanan Bandara antara lain :

Peralatan X-ray

Fasilitas Xray Bandar Udara

X-ray merupakan peralatan detector yang digunakan untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan calon penumpang pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan dengan cepat tanpa membuka kemasan barang tersebut. Peralatan X-Ray dapat diklasifikasikan menurut fungsi dan kapasitasnya yaitu :

  • X-Ray Cabin
  • X-Ray Baggage
  • X-Ray Cargo.

Walk-Through Metal Detector

Walk-Through Metal Detector

Walk-Through Metal Detector merupakan peralatan detector berupa pintu yang digunakan untuk mendeteksi semua barang bawaan yang berada dalam pakaian/badan calon penumpang pesawat udara yang terbuat dari metal dan dapat membahayakan keselamatan penerbangan, seperti senjata api, senjata tajam dan benda lain yang sejenis.

Hand-Held Metal Detector

Hand-Held Metal Detector

Hand-Held Metal Detector merupakan peralatan detector tangan yang digunakan untuk mendeteksi posisi/letak semua barang bawaan yang terdapat pada pakaian/badan calon penumpang pesawat udara yang terbuat dari bahan metal dan dapat membahayakan keselamatan penerbangan, seperti senjata api, senjata tajam dan benda lain yang sejenis.

CCTV (Closed Circuit Television)

CCTV (Closed Circuit Television)

CCTV (Closed Circuit Television) merupakan peralatan kamera yang digunakan untuk memantau situasi dan kondisi secara visual pada semua ruang/wilayah di lingkungan terminal bandara dalam rangka pengamanan.

Explosive Detection System

Explosive Detection System

Explosive Detection System merupakan peralatan detector yang digunakan untuk mendeteksi bahan peledak atau barang berbahaya lain yang mudah meledak dan dapat membahayakan keselamatan penerbangan, seperti bom dan bahan lain yang sejenis pada semua barang bawaan calon penumpang pesawat udara.

tags: , , , , ,
Panduan Naik Pesawat

Panduan Naik Pesawat

Untuk itu bagi yang akan bepergian dengan memakai pesawat udara sangat diperlukan Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara. Berikut ini akan kami berikan
Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2013

Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2013

Tahun 2013 sudah kita lalui, tapi ada beberapa moment penting di tahun 2013 yang hasilnya dapat sebagai acuan di tahun 2014. Salah satunya
Polisi Menangkap Pencuri Avtur di Bandara Soekarno Hatta

Polisi Menangkap Pencuri Avtur di Bandara Soekarno Hatta

Kepolisian Resor Metro Khusus Bandara Soekarno-Hatta menangkap 10 tersangka yang diduga mencuri avtur dari pesawat yang sedang parkir di bandara. Sebanyak 2.000 liter
Ongkos Taxi, Bus, Kereta Api di Bandara Kuala Namu

Ongkos Taxi, Bus, Kereta Api di Bandara Kuala Namu

Mulai 25 Juli 2013 Bandara Polonia di Medan akan ditutup dan perannya akan digantikan oleh Bandara Kuala Namu di Deli Serdang. Jarak dari