Bandara Mulia Puncak Jaya Kembali Beroperasi

By | April 12, 2012

Pimpinan daerah dan Kapolres Puncak Jaya, Papua, sepakat membuka kembali Bandara Mulia, Kamis. Akan tetapi sampai saat ini belum satupun maskapai yang beroperasi di bandara tersebut.

Bandara Mulia Puncak Jaya Kembali Beroperasi

Bandara sempat ditutup setelah sekelompok orang tak dikenal menembak Pesawat Trigana Air PK-YRF hingga jatuh beberapa waktu lalu. Kejadian itu menewaskan seorang wartawan Papua Pos Nabire, Leiron Kogoya, yang menumpang pesawat.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, AKBP Johanes, mengatakan sedikitnya 50 anggota polisi dan TNI menjaga ketat area bandara. Ia berharap distribusi bahan pokok ke Papua berjalan lancar dengan dibukanya bandara tersebut.

Sementara itu, polisi dan TNI masih memburu pelaku penembakan Trigana Air. Kondisi medan yang berat dan cuaca ekstrem menyulitkan perburuan.

Penembakan terjadi saat pesawat twin otter milik maskapai Trigana Air terbang dari Bandara Sentani Jayapura menuju Bandara Mulia Puncak Jaya. Pesawat mengangkut tiga penumpang dan bahan pokok.

Saat hendak mendarat, pesawat ditembak orang tak dikenal. Pesawat langsung menukik tajam. Selain menelan korban, kejadian itu pun melukai pilot dan co pilot pesawat.

Pictures gallery of Bandara Mulia Puncak Jaya Kembali Beroperasi

Bandara Mulia Puncak Jaya Kembali Beroperasi