Bandara Halim Perdanakusumah untuk Embarkasi Haji

By | March 16, 2012

PT Angkasa Pura II (persero) menyatakan Bandara Halim Perdanakusumah akan digunakan untuk embarkasi dan debarkasi ibadah haji serta umrah.

Bandara Halim untuk Penerbangan Haji

Hal ini untuk mengakomodasi jumlah penerbangan di Bandara Internasional Soekarno- Hatta, Cengkareng,yang sudah melebihi batas. Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun desain dasar atau detail engineering design (DED) untuk merealisasi rencana tersebut. Pihaknya juga akan merevitalisasi terminal penumpang Bandara Halim Perdanakusumah, yakni dengan mendesain ulang dan menambah kapasitas.

Diketahui, kapasitas terminal penumpang Bandara Halim Perdanakusumah hanya 2 juta orang per tahun.Angkasa Pura II mengalokasikan dana Rp100 miliar untuk keperluan tersebut dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun depan (2013). Jadi nanti di Halim akan dibangun terminal yang bisa mengakomodasi pelayanan haji dan umrah, tak hanya penumpang reguler.Halim akan menjadi pelengkap pelayanan haji Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Halim Perdanakusumah akan dijadikan sebagai pendukung fungsi Bandara Internasional Soekarno- Hatta yang saat ini sudah melebihi kapasitas. Diharapkan proses ground breaking dilakukan akhir 2012. ”Jadi bukan semata untuk antisipasi karena Terminal Haji Bandara Soekarno-Hatta akan dibongkar akhir tahun ini. Diharapkan 2013, jamaah haji di Soekarno-Hatta sebagian dilimpahkan ke Halim,”jelasnya. Tri Sunoko mengatakan,dalam penyusunan DED itu pihaknya juga menggandeng TNI AU selaku pemilik aset bandara.

Saat ini,selain melayani penerbangan komersial, Bandara Halim Perdanakusumah juga untuk TNI AU dan lalu lintas kenegaraan. ”Dengan menggandeng TNI AU kami tahu berapa persen pelimpahan penumpang haji dari Bandara Soekarno-Hatta ke Halim. Saat ini dari total jamaah haji per tahun rata-rata 200.000 orang, 55.000 melalui Bandara Soekarno-Hatta, berapa persen yang bisa dialihkan nanti ketahuan,”terangnya.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, penggunaan Bandara Halim Perdanakusumah untuk jamaah haji dan umrah membutuhkan pembahasan mendalam dengan berbagai pihak. Termasuk maskapai yang menerbangkan jamaah haji maupun umrah. ”Sebelumnya Bandara Halim Perdanakusumah pernah digunakan untuk penerbangan haji dan umrah. Jika Angkasa Pura II akan menggunakan kembali, harus disiapkan berbagai hal,”tuturnya.

Pictures gallery of Bandara Halim Perdanakusumah untuk Embarkasi Haji

Bandara Halim untuk Penerbangan Haji