Tips Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

By | January 16, 2012

Mungkin kita merupakan salah satu orang yang pertama kali naik pesawat terbang karena ada tugas dari pimpinan tempat kita bekerja, padahal sebelumnya kita belum pernah sekali pun naik pesawat terbang. Bingung? …jangan bingung dulu, disini kami akan memberikan informasi tentang tahap tahap mulai dari mendapatkan tiket sampai kita berada dikota tujuan.

Tips Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Tips Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Booking Tiket / Pembelian Tiket

Tahap pertama adalah pembelian tiket sesuai dengan rute tujuan penerbangan kita. Untuk mendapatkan tiket pesawat, kita tentunya harus membeli tiket pesawat tersebut, pembelian tiket pesawat bisa dilakukan di kantor penjualan airlines maupun melalui travel agent atau bisa juga langsung melalui situs airlines tersebut.

Untuk persiapan booking tiket pesawat bisa anda baca kembali DISINI. Setelah mendapatkan tiket pesawat sesuai dengan jadwal dan rute yang anda inginkan, anda hanya tinggal menunggu tanggal keberangkatan untuk melakukan tahap selanjutnya.

Check In dibandara

Tahap selanjutnya adalah check in, proses check in dilakukan dibandara, sesampainya dibandara, silahkan langsung menuju counter check in airlines yang mengeluarkan tiket anda untuk melakukan proses check in. Di sini banyak sekali loket check in dan kita harus membaca tempat dimana kita harus check in. Pertama tentukan penerbangan kita dalam negeri (domestic) atau ke luar negeri. Setelah itu menuju loket check in. Jika barang bawaan kita tidak terlalu banyak, maka pilih loket Check In Without Baggage. Artinya kita membawa sendiri barang bawaan. Nanti ada tempat penyimpanannya di atas tempat kita duduk.

Setelah check in, kita mendapatkan kertas yang disebut dengan Boarding Pass yang digunakan untuk masuk ke gate (jalur kita naik pesawat), karena terdapat beberapa gate dengan rute yang berbeda-beda. Oleh karena itu harus dipastikan kita mengetahui gate penerbangan kita. Gate bisa kita ketahui dari Boarding Pass atau tanya langsung dengan petugas saat check in.

Membayar/Membeli Airport Tax

Setelah proses check in selesai dan mendapatkan Boarding Pass, pastikan kita membayar airport tax yang besarnya bergantung bandara. Mungkin ada perbedaan biaya Airport Tax untuk tiap bandara. Tempat pembelian Airport Tax ini biasanya tidak jauh dari tempat check in, jika kita ragu dan tidak melihatnya kita bisa tanyakan ke petugas check in pada saat kita check in.

Ruang Tunggu

Setelah semua proses selesai sampai dengan pembelian Airport Tax, kini saatnya kita menuju keruang tunggu. Disini kita menunggu panggilan untuk naik kepesawat sesuai dengan rute penerbangan kita. Dengarkan dengan seksama setiap panggilan. Ketika sudah terdengar panggilan untuk penerbangan kita, silahkan masuk melalui gate yang telah ditentukan tadi untuk menuju kepesawat terbang bersama dengan para penumpang lainnya.

Masuk Pesawat

Setelah sampai dan masuk kedalam pesawat, silahkan cari kursi sesuai dengan kursi yang diberikan pada saat check in, nomor kursi ini bisa dilihat pada Boarding Pass yang diberikan pada saat check in tadi. Oke, jika sudah menemukan kursi untuk anda jangan berdiri terus, duduk aja dikursi tersebut dan siap untuk melakukan penerbangan pertama anda menggunakan pesawat terbang.

Pictures gallery of Tips Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Tips Pertama Kali Naik Pesawat Terbang