Garuda Indonesia Terbangkan 112.683 Jamaah Haji

By | September 22, 2012

Jamaah haji Indonesia kloter pertama tahun 1433 H/2012 secara serentak bertolak meninggalkan tanah air menuju tanah suci, Kamis 21 September. Seperti tahun lalu para tamu Allah ini diangkut dengan dua maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

Garuda Indonesia Terbangkan 112.683 Jamaah Haji

Vice Presiden Corporate Communications PT Garuda Indonesia, Pujobroto menjelaskan pihaknya memberangkatkan jamaah calon haji dari sembilan embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Solo, Balikpapan, Makassar, Lombok menuju bandara King Abdul Azis Jeddah dan Jakarta menuju bandara Amir Muhammad Madinah dari sepuluh embarkasi yang dilayani.

Pada musim haji tahun ini, Garuda akan menerbangkan sebanyak 112.683 jamaah yang tergabung dalam 296 kloter dari 10 embarkasi. Pelaksanaan penerbangan haji Garuda mengoperasikan 15 pesawat berbadan lebar terdiri satu pesawat 767-300ER, tiga pesawat B-747, dan sebelas pesawat A330. Pesawat-pesawat tersebut rata-rata berusia muda dan bahkan ada pesawat yang diproduksi pada tahun 2010. Proses tender pesawat tersebut dilaksanakan secara terbuka dan transparan yang diumumkan di beberapa media cetak nasional dan internasional.

Adapun awak kabin yang akan bertugas dalam pelaksanaan penerbangan haji tahun ini berjumlah 556 orang dan 60 persen diantaranya adalah awak kabin yang direkrut dari daerah embaraksi. Tujuannya sebagai bagian dari pelayanan kepada jamaah untuk mengatasi kendala komunikasi mengingat jamaah hanya mampu berbahasa daerah.

Khusus mengenai barang bawaan, para jamaah haji diharap mematuhi kenetuan yang disepakati antara Kemenag dan Garuda yaitu barang bawaan tidak melebihi berat 32 kg baik saat keberangkatan menuju Jeddah atau Madinah maupun kepulangan ke tanah air. “Garuda akan memberikan secara cuma-cuma lima liter air zamzam kepada setiap jamaah di bandara debarkasi Indonesia.

Pictures gallery of Garuda Indonesia Terbangkan 112.683 Jamaah Haji

Garuda Indonesia Terbangkan 112.683 Jamaah Haji