Sebanyak lima orang mengalami luka dalam kejadian tergelincirnya pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ-230 PKCKN tujuan Jakarta-Yogyakarta di ujung timur “run way” Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Selasa sekitar pukul 17.13 WIB.

Pesawat Sriwijaya Tergelincir di Bandara Adisutjipto

“Ada lima penumpang yang mengalami luka akibat benturan dalam kejadian tergelincirnya pesawat Sri Wijaya Air ini, mereka saat ini sudah dirawat di rumah sakit,” kata Manager Operasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Tugiarto, Selasa malam.

Menurut dia, pesawat jenis Boeing 737-300 tersebut membawa penumpang sebanyak 118 dewasa, tujuh anak-anak dan empat bayi. “Sedangkan awak pesawat terdiri dari Kapten Pilot dan Co Pilot serta dua orang pramugari,” katanya.

Ia mengatakan, seluruh penumpang pesawat naas tersebut selamat dan saat ini sudah diinapkan di hotel. “Mereka sudah mendapatkan pelayanan dari pihak maskapai, dan yang luka juga langsung dirawat di rumah sakit,” katanya.

Pesawat Sriwijaya Tergelincir di Bandara Adisutjipto

Agus mengatakan, kejadian tersebut bermula saat masakapi Sriwijaya Air berangkat dari Jakarta sekitar pukul 13.45 WIB dari Jakarta. “Seharusnya pesawat tersebut mendarat di Adisutjipto, namun karena saat itu bandara ditutup karena cuaca buruk dan jarak pandang hanya 500 meter maka dialihkan ke Surabaya. Kemudian di Surabaya isi bahan bakar dan berangkat lagi menuju di Yogyakarta,” katanya. Ia mengatakan, sebenarnya pesawat Sriwijaya Air direkomendasikan mendarat di Adisutjipto pukul 17.05 WIB, namun karena saat ada pesawat Garuda yang mendarat maka kemudian baru pukul 17.13 WIB Sriwijaya Air bisa mendarat.

“Namun saat melakukan pendaratan pesawat Sriwijaya tidak terkendali dan pesawat tidak bisa direm secara, sehingga terus melaju ke sisi timur landasan dan tergelincir di sisi kiri landasan dan terperosok di area rumput baru pesawat bisa berhenti,” katanya. Pesawat condong ke kiri keluar landas pacu, kurang lebih 60 meter dari landasan, saat itu petugas di Bandara Adisutjipto langsung sigap dan bergerak sesuai protap yang ada dimana pemadam kebakaran dan ambulans langsung bergerak mengikuti pesawat. “Pemadam langsung menyemprot pesawat dengan busa karena jika dengan air pesawat bisa meledak. Ambulans juga langsung membawa korban luka ke rumah sakit,” katanya.

tags: , , , , , , , , ,
Sabtu Pagi, 5  Bandara Belum Beroperasi

Sabtu Pagi, 5 Bandara Belum Beroperasi

Sampai hari Sabtu pagi tanggal 15 Pebruari ini ada 5 bandara yang masih tutup akibat letusan gunung Kelud. Kelima bandara tersebut adalah Bandara
Fun Bike GREEN GOWESS Bandara Adisutjipto

Fun Bike GREEN GOWESS Bandara Adisutjipto

Dalam rangka HUT ke 48 Angkasa Pura Airport Bandara Adisutjipto Jogjakarta, menggelar Fun Bike dan Senam Kebugaran. Tema yang diusung dalam Fun Bike
Kabut Asap Hilang, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kembali Normal

Kabut Asap Hilang, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kembali Normal

Penerbangan dari Banjarmasin menuju Jakarta dan Surabaya pagi hari sempat tertunda keberangkatannya akibat pekatnya kabut asap yang menyelimuti kawasan Bandara Syamsudin Noor. Enam
Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara

Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara

Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara Tahun 1434H/2013M. Penetapan ini sebagaimana tertuang