Kabut Asap Hilang, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kembali Normal

By | September 29, 2012

Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang sempat tertunda akibat kabut asap, kini kembali normal dan pesawat yang sempat tertunda sudah diberangkatkan. Kabut asap berangsur-angsur mulai hilang, dan sekitar pukul 08.15 Wita pesawat bisa lepas landas. Pesawat diberangkatkan sesuai urutannya, setelah sempat tertunda hampir dua jam dari jadwal yang ditetapkan akibat kabut asap yang menyelimuti kawasan bandara sehingga pesawat tidak bisa lepas landas.

Kabut Asap Hilang, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kembali Normal

Penerbangan dari Banjarmasin menuju Jakarta dan Surabaya pagi hari sempat tertunda keberangkatannya akibat pekatnya kabut asap yang menyelimuti kawasan Bandara Syamsudin Noor. Enam penerbangan yang ditunda keberangkatannya adalah Batavia tujuan Jakarta yang seharusnya berangkat pukul 06.00 Wita, Lion Air tujuan Jakarta pukul 06.25 Wita dan tujuan Surabaya pukul 07.00 Wita. Kemudian Lion Air tujuan Yogyakarta yang dijadwalkan lepas landas pukul 06.10 Wita, Garuda tujuan Jakarta pukul 07.15 Wita, dan penerbangan Sriwijaya tujuan Jakarta pukul 07.30 Wita.

Pada saat berkabbut asap, jarak pandang di Bandara Syamsudin Noor hanya lima meter sehingga tidak memungkinkan pesawat lepas landas, sehingga membuat enam penerbangan yang dijadwalkan berangkat terpaksa ditunda. Keberangkatan pesawat itu terpaksa ditunda hingga jarak pandang memenuhi batas normal karena jika kabut asap masih memenuhi ruang di sepanjang landasan pacu maka pesawat tidak bisa diberangkatkan. Jarak pandang normal dan aman bagi penerbangan bagi pesawat yang take of adalah 400 meter, sedangkan jarak pandang aman bagi pesawat yang mendarat adalah 800 meter.

Pictures gallery of Kabut Asap Hilang, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kembali Normal

Kabut Asap Hilang, Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Kembali Normal